Rabu, 30 Oktober 2013

Distro Linux Terbaik

Tags

Apa sih ukuran sebuah distro linux terbaik? Sebenarnya sih sulit bila tidak ada batasan dalam penilaian.Distro Linux Terbaik dianggap baik jika kompatibilitas perangkat keras, kemudahan penggunaan, dan ukuran repository perangkat lunak adalah tiga hal yang bisa jadi unik buat masing-masing distro Linux. Namun, tiap distro bisa mengimplementasikan ide-ide terbaik dari distro lain yang mereka inginkan.

Inilah yang yang unik dari dunia linux, di mana ide-ide bagus cepat menyebar, sedangkan yang buruk langsung ditinggal. Hasilnya, ada puluhan update dari berbagai distro tiap bulan, yang masing-masing distro berlomba untuk menduduki puncak tangga www.distrowatch.com.

Karena itu, jawaban atas pertanyaan soal mana yang terbaik mungkin bakal selalu mengalami pasang surut. Berikut ini sebenarnya rekomendasi distro yang dianggap terbaik menurut berbagai tipe penggunaannya.

1. Untuk Pemula: Ubuntu 10.04

Anda termasuk awam dalam dunia linux? Tidak masalah. Ubuntu sangat cocok buat pemula. Anda tidak perlu khawatir soal kompatibilitas perangkat keras, instalasi, dan konfigurasi. Anda tinggal menalankan proses instalasi standar, menjawab beberapa pertanyaan mudah, dan tiba-tiba Anda sudah memasuki dunia ajaib Ubuntu 10.04
bernamaLucid LynxLucid Lynx sendiri akan menjadi salah satu versi LTS (long time support) dari Ubuntu. Dengan demikian Lucid Lynx akan dikembangkan dan didukung pengembangannya selama 5 tahun.

2. 
Untuk Multimedia: Ubuntu Studio

Ubuntu Studio merupakan salah satu Distro Linux Terbaik, resmi turunan GNU/Linux Ubuntu. Ubuntu Studio pertama kali dirilis pada tanggal 11 Mei 2007.  Moto dari Ubuntu Studio yaitu For the creative humans. Sesuai dengan motonya, Ubuntu Studio diciptakan khusus bagi para pecinta multimedia. Didalamnya berisi paket-paket aplikasi open source yang sering digunakan untuk mengolah suara, video, dan grafis.  Dengan Ubuntu Studio diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi para pengguna Linux yang ingin melakukan kegiatan yang berhubungan dengan bidang multimedia. Kini versi terbaru dari Ubuntu Studio adalah Ubuntu Studio 12.10.

3. 
Untuk Server: CentOS 5.5 




OpenSUSE 11.3  juga menggunakan KDE secara default. Selain PC Linux OS  migrasi dari Windows juga terasa mudah menggunakan distro ini, terutama soal aplikasi kantoran. PC Linux OS adalah proyek kecil-kecilan, tapi OpenSUSE 11.3 didukung Novell, mantan jawara OS jaringan. Dengan demikian, dukungan tak hanya untuk aplikasi desktop, tetapi juga untuk komputasi perusahaan, di mana Novell bersaing dengan Red Hat.

5. Untuk Admin: Debian 5.0

Debian terbilang leluhur dari Linux generasi baru. Ubuntu awalnya berbasis Debian dan karenanya mewarisi sejumlah keunggulan termasuk konfigurasi file dan lokasinya. Server situs internet banyak yang menggunakan Debian 5.0  karena terkenal stabil dan bisa diandalkan.

6. Untuk Netbook: Ubuntu UNR 10.04

Untuk kompatibilitas hardware, GUI yang halus, serta menu bantuan untuk launch membuat Ubuntu UNR 10.04 sebagai pilihan utama bagi pengguna netbook.

7. Untuk Tampilan Desktop: Linux Mint 10


Linux Mint 10 Tampilannya indah dan sangat cocok buat penggunaan desktop sehari-hari. Mungkin pengembangannya terispirasi Ubuntu. Versi default Gnome adalah contohnya. Top-bar hilang, menyisakan status window sebagai ornamen. Menu launch juga sama, menggantikan trio menu 'Applications', 'Places', dan 'Administration' dengan menu tunggal ala Mint.

8. Untuk Hardware Lama: Puppy Linux 5.1

Salah satu kekuatan terbesar Linux adalah fleksibilitas. Puppy Linux 5.1 bisa dipakai di segala platform mulai dari ponsel sampai pesawat luar angkasa. Jadi, komputer lawas pun mestinya juga bisa.

9. Untuk Migrasi dari Windows: PC Linux OS

PC Linux OS memakai KDE desktop environment secara default. Meski Anda bisa memilih yang lain, KDE sangat disarankan sebab mirip tampilan Windows.

10. Untuk Ahli: Fedora 13


Install codec MP3, Adobe Flash, dan driver nVidia tidak mudah di Fedora 13  Tapi distro satu ini memang buat para ahli, terutama para programer.


1 komentar so far

bagus mas... namun perlu ditingkatkan..