Selasa, 12 November 2013

Perintah Suara dengan Google Now pada Android Kitkat

Tags

Google telah mengumumkan kehadiran versi terbaru Android 4.4 atau yang dinamakan Android KitKat. Dari informasi yang beredar , smartphone Nexus 5 merupakan perangkat pertama yang menyambut kehadiran Android 4.4. Android Kitkat yang disebut-sebut akan menjadi OS yang mendukung untuk semua jenis Android meskipun dengan berkomposisi RAM sebesar 512 MB saja. Sungguh menarik bukan? 
Google pertama kali mengungkap KitKat pada awal September, di mana ketika itu informasi yang beredar menyebut Key Lime Pie sebagai versi Android yang akan segera muncul. Dengan versi sistem operasi (OS) terbaru ini, terdapat sejumlah fitur unggulan. Android Kitkat merupakan Operating System baru dadi Google yang diharapkan mampu dan sesuai dalam penerapan kehidupan sehari-hari. Semoga upgrade resmi dari vendor vendor smartphone android cepat diresmikan ya!!! agar hape jadul seperti hape saya bisa di upgrade... hehehe

Salah satu kelebihan Android Kitkat adalah penggunanya akan menikmati fitur canggih perintah suara yang dimiliki oleh platform khusus Motorola Moto X. Sistem operasi Android versi terbaru, Android 4.4 KitKat, juga akan dilengkapi dengan perintah suara.

Pengguna  Android KitKat hanya perlu memberi perintah lewat ucapan untuk mengoperasikan smartphone miliknya. Aktivasi perintah suara dimulai dengan kata 'Ok Google Now' kepada smartphone, maka ia akan siap melakukan perintah. Android KitKat akan mengenali perintah suara dengan bahasa Inggris. Sayang ya... bahasa indonesia belum tersedia. Pengoperasian ini disebut juga 'touchless control' karena memang tak membutuhkan menyentuh perangkat untuk mengoperasikan ponsel. Perangkat yang tersemat sistem operasi Android KitKat di dalamnya akan melakukan pencarian di mesin pencari Google hanya dengan perintah suara.

Selain pencarian di Google search dan panggilan telepon, Android KitKat juga bisa dijadikan sebagai penunjuk arah lewat GPS saat berkendara. Pengguna hanya perlu mengucapkan nama jalan atau nama tempat yang dituju, maka perangkat akan menunjukkan jalan mana yang harus dilalui melalui Google Map.Jika pengguna mengucapkan kata 'Help Me' setelah mengaktivasi perintah suara di Android KitKat, perangkat akan memberikan tips-tips dan rekomendasi maupun panduan untuk mengoperasikan ponsel.